Minggu, 31 Maret 2019

STANDAR LAPORAN KEUANGAN

Laporan keuangan merupakan salah satu hal yang sangat krusial untuk ada dalam bisnis, mulai dari usaha skala kecil hingga tingkat perusahaan besar. Bisnis akan sulit untuk berjalan dengan lancar tanpa adanya laporan keuangan yang baik dan dibuat secara rutin. Pada pembahasan kali ini, kita akan mengulas lebih lanjut mengenai laporan keuangan, mulai dari pengertian, jenis, hingga fungsi yang dimilikinya.
Fungsi Laporan Keuangan

Seperti yang telah diulas pada bagian awal tulisan ini, laporan keuangan memiliki peranan yang sangat penting dalam bisnis. Untuk lebih dapat memahami pentingnya laporan keuangan, kita perlu mengetahui fungsi dari penerapan informasi yang ada dalam laporan tersebut. Berikut adalah beberapa fungsi laporan keuangan dalam berbagai aspek:

1. Menggambarkan Kondisi Perusahaan

Laporan keuangan adalah gambaran nyata yang tertuang dalam bentuk angka real yang menunjukkan bagaimana kondisi perusahaan secara keseluruhan. Dari laporan tersebut kita dapat melihat apakah perusahaan sedang mengalami keuntungan atau kerugian. Atau dapat juga melihat apakah arus kas yang keluar masuk berjalan dengan lancar pada periode sebelumnya, dan lain sebagainya.

2. Bahan Evaluasi Kinerja, Perencanaan, dan Keputusan

Dengan adanya laporan keuangan yang menggambarkan keadaan dan kondisi perusahaan, pihak manajerial perusahaan juga dapat menggunakan laporan tersebut untuk mengevaluasi kinerja. Misalnya dari laporan keuangan dapat dilihat bahwa perusahaan mengalami kerugian pada periode ini, maka pihak manajerial akan mengevaluasi apa yang menyebabkan hal itu terjadi dan berusaha untuk mengatasinya.
3. Bentuk Pertanggungjawaban Perusahaan

Sebagaimana namanya, laporan keuangan adalah bentuk laporan dari kegiatan dan transaksi keuangan yang dilakukan oleh perusahaan. Hal ini berarti laporan keuangan merupakan laporan yang menunjukkan bentuk pertanggungjawaban kepada berbagai pihak yang terkait. Dalam pihak internal saja, laporan keuangan merupakan bentuk tanggung jawab bagian keuangan kepada pihak manajerial dan dewan direksi.
4. Menunjukkan Kredibilitas Perusahaan

Laporan keuangan yang baik dan transparan menunjukkan bahwa perusahaan tersebut memang menjalankan operasional dengan baik juga. Hal ini sangat berpengaruh terhadap kredibilitas yang dimiliki perusahaan, yang kemudian mempengaruhi kepercayaan yang diberikan pada perusahaan. Kredibilitas dan kepercayaan merupakan dua hal yang sangat penting dalam menjalankan bisnis dalam skala apapun, kecil maupun besar
Pilihan Ganda
1.Berikut adalah fungsi standar laporan keungan,kecuali...
a.Menunjukkan kredibilitas perusahaan
b.Bentuk pertanggung jawaban perusahaan
c.Memberikan peluang usaha yang baik
d.Bahan evaluasi kerja perencanaan dan keputusan
e.Menggambarkan kondisi perusahaan
JAWABAN:C

Tidak ada komentar:

Posting Komentar